27.4.12

Sang ONTA pun ....Mati Dalam keadaan rindu kepada Sayyiduna Muhammad SAW

 


Penulis :  Hanif Athos


 sebagian binatang ada yang memiliki sifat seperti sifatnya manusia, cinta, kangen, pemarah, pencemburu, rakus, dayyus dan lain lain. Entahlah apakah yang pertama kali memilki sifat semacam ini manusia terlebih dahulu ataukah hewan.....
dalam hal ini  adalah hewan onta. Hewan ini sangat sangat memiliki sifat seperti manusia, seperti taat, cinta, cemburu, pemarah, dendam dan lain lain.
Hewan ini oleh orang arab bisa menjadi kendaraan yang setia, yang akan bisa mengerti arah tujuan majikan, bahkan akan mengerti waktu keberangkatannya.
Imam Addaibak menutuyrkan dalam qosidah maulidnya
فدع جذب الزمام ولا تسقها  **  فقاءد شوقها للحي جاذب
الم ترها وقد مدت خطاها  **  وسالت من مدامعها سحاءب
Yang artinya :" Maka lepaskanlah tali kendali onta tersebut bila kau sudah sampai kota Madinah, sebab yang akan menyetirnya adalah kerinduannya sendiri pada RASULULLAH ".
Onta mengerti dia akan dibawa kemana ? kemasjid nabawi....
" Dan bukankah kau telah melihat onta itu telah banyak melangkah menuju masjid Nabawi, dan kau juga telah melihat betapa air matanya telah banyak meleleh diwajahnya ".
Onta memiliki cinta sebagaimana manusia...
.Konon AHLIR ROKB ( pecinta RASULULLAH pengendara onta )sebelum ada mobil, kendaraan bermotor, orang orang arab kalau akan berziarah kemakam RASULULLAH, mereka berkumpul disuatu tempat yang telah disepakati dan pada waktu yang sudah dimaklumi. Setelah mereka berkumpul satu degnan yang lain, mereka lantas berangkat bersama sama menuju ALMADINAH MUNAWWAROH.
Saat berangkat mereka menempatkan seseorang yang mempunyai suara yang merdu dan  keras didepan kafilah, agar dia bisa melantunkan qosidah qosidah yang bisa menggerakkkan mahabbah dan rasa kangen kepada RASULULLAH. Orang ini disebut dengan حادي الركبان
Dari suara tersebutr disamping para jamaah bisa merenungi isi arti qosidah yang dilantunkan, yang akan menambah rasa kangen dan mahabbah pada RASULULLAH, onta ontapun akan lebih bersemangat untuk melangkah, sebab onta akan tambah cepat melangkah, dan akan lebih giat  bila  mendengar suara suara merdu, bahkan bisa bisa onta akan mati kehabisan tenaga.
Konon juga bila mereka tiba ditempat namanya ' MUFARRIHAAT, daerah dekat dekat dengan Almadinah Almunawwaroh' merekalantas melepas tali  kendali mereka, karena mereka tahu onta onta itu akan berjalan sendiri menuju masjid Nabawi, tanpa ada komando, untuk kemudian bila onta tersebut sampai dipintu pintu masjid Nabawi, akan mengalir air matanya menangis dan menggeser geserkan kepalanya ketanah.
Diceritakan : Seorang mempunyai onta yang sangat disayangi, onta ini setiap bulan mauled atau bulan bulan tertentu selalu diajak berziarah kemakam RASULULLAH . Makin hari sang majikan makin menua, demikian juga ontanya, maka dari itu sang majikan lalu melepas onta tersebut memerdekakannya agar menghirup udara bebas dan tidak usah menjadi tunggangannya lagi.
Setelah setahun lamanya onta itu " lepas " pada suatu malam sang majikan tiba tiba dibangunkan oleh suara orang menggedor gedor pintu. Dan setelah dibuka ternyata yang menggedor adalah onta kesayanngannya. Onta itu mengedor dengan kepalanya yang besar.,. Saat itu juga majikan langsung ingat bahwa malam ini dia sudah tiba waktunya untuk ziarah kemakam RASULULLAH.
Maka berangkatlah sang majikan bersama ontanya menuju Almadinah Almunawwaroh.
Setelah majikan berziarah dan tiba kembali kerumahnya kampung halamannya, dia berkata pada ontanya : " Kau pergilah dan pada tahun depan kembalilah kemari ".
Maka pada tahun depannya, onta tersebut kembali pada majikan, lalu dia menggedor gedor pintu dengan kepalanya. Lama dia menggedor tapi tak ada seorangpun yang membukakan pintu. Tiba tiba ada salah seorang dari tetangga majikannya memahami hal tersebut, lalu onta tersebut digiring ke sebuah makam yang tak jauh dari rumah majikan. Tetangga itu memberikan isyarat bahwa majikanmu telah meninnggal.
Mendengar berita itu spontanitas onta itu berdiam disitu lamaaaa sekali, dan sampai berhari hari disitu , memutari makam sang majikan hingga ahirnya jatuh lemas kehabisan tenaga dan mati dekat makam majikannya karna tak bergairah lagi bila harus hidup tanpa kesempatan uuntuk menyambangi sang Rasuul SAW
Oleh masyarakat setempat onta itu dikuburkan dekat dengan makam majikannya.
Renungan kita, Kalau  onta saja binatang yang gak punya akal bisa sedemikian cinta pada RASULULLAH baagaimana dengan kita ????.
Posted by Penerbit imtiyaz,http://imtiyaz-publisher.blogspot.com/Penerbit Buku Buku Islam

No comments:
Write comments
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

-

Terbitan




Dgus dur dan sepakbola terbitan penerbit imityaz

ensiklopedia 22 aliran tasawwuf

Hilyah buku cerdas bahasa arab dan inggris

Dari Pesanteren untuk ummat terbitan penerbit imityaz

pengetahuan dasar alqur'an penerbit imityaz



Rasionalisasi Tuhan